Sisi Lain Sang Revolusioner

by Senjakala Adirata

Tulisan ini bukan pembahasan untuk menyudutkan salah satu tokoh terbesar di negeri ini. Tulisan ini juga bukan tulisan baru. Tulisan ini hanya mencoba untuk mencari sisi lain yang pernah dialami oleh seseorang yang begitu dikagumi oleh jutaan orang. Keadaan tersebut terpaksa atau memang dipaksa atau juga…..entahlah. Mungkin ada gunanya ini dibagi.

Presiden Soekarno memiliki banyak hal yang sekiranya tak habis untuk diperbincangkan oleh orang-orang. Dari mulai kelahiran, daya perlawanan, kharisma, pidato, perempuan, keyakinan dan keagamaan juga keberanian dan berbagai hal lainnya. Sejarah presiden pertama ini begitu berliku, mungkin juga heroik dan berdarah-darah. Penjara, pembuangan, demonstrasi pernah ia alami.

Buku ditulis dan foto turut serta dalam lembar-lembar pengisahan sang Penjamboeng Lidah Ra’jat ini. Dari sekian buku dan sekian foto, ada beberapa foto yang mungkin jarang dilihat oleh para pembaca sejarah atau mungkin para pengagum salah satu founding father Negara Indonesia satu ini. Berikut saya mendapat beberapa foto dan beberapa teks yang mengejutkan saya.

Untuk tulisan mengenai keterkaitan Soekarno dan Romusha dapat dilihat di sini. Atau di sini. Di sini juga ada.