Negara Terkecil Ketiga Di Dunia

by Senjakala Adirata

Saya penasaran sebenarnya Negara terkecil di dunia itu sekecil apa sih? Setelah saya bertanya pada Mbah google, diapun menjawab. Setelah saya telusur dan telusur, kayaknya asyik juga untuk dibagi.

Negara terkecil di dunia tercatat hanya memiliki luas 21 kilometer persegi. Pun, Negara tersebut tidak memiliki ibukota resmi seperti kebanyakan Negara. Jumlah penduduknya pun hanya sekitar 10.000-an jiwa. Negara tersebut adalah Republik Nauru.

Nauru adalah sebuah pulau kecil yang terletak di samudra pasifik bagian selatan, persis di bawah garis khatulistiwa dan di sebelah selatan kepulauan Marshall. Jarak dari pulau Papua ke Nauru kira-kira sebanding dengan jarak dari Pulau Papua ke Pulau Jawa (wikipedia). Seminggu berlayar dengan kapal PELNI kira-kira. (tetangga saya pernah sampai Papua soalnya dan katanya naik kapal selama seminggu dari semarang [capeknya minta ampun pasti], saya mau kesana tapi tidak jadi dan akhirnya singgah di Maluku Utara selama kurang lebih tiga tahun [empat hari tiga malam naik kapal, huftttt, cuapeknya minta amfuuun])

PBB mengakui kota Yaren sebagai dstrik utama atau sebagai Ibu Kota Republic Nauru. Nauru terkenal dengan hasil produksi fosfatnya yang telah ditambang oleh gabungan perusahaan asing sejak 90 tahun terakhir.

Mari kita lihat beberapa bagian dari Negara terkecil di dunia ini:

dari atas:

Bandaranya :

Pertambangan Fosfat: