Tak ‘kan Menyerah

by Senjakala Adirata

Mencoba peruntungan untuk memecahkan password dari Arundati.com

Inilah passwordnya:

“Ikan tak dapat bergerak dalam sungai yang membeku atau berenang dalam kabut pagi… Akar tak dapat menembus batu yang padat atau bertahan di pasir yang tertiup angin”

Dan ini “mungkin” jawabannya:

“Ikan tak dapat bergerak dalam sungai yang membeku karena ia tak ada kemungkinan bisa menerobos air yang padat atau sudah padat atau berenang dalam kabut pagi yang mungkin menjadikan ia tak bisa melihat jalan. Tapi, jika memang ikan sudah terlanjur berada di dalam sungai dan sungai tersebut membeku, atau kabut pagi terlalu tebal, mau tak mau ia juga harus keluar untuk bertahan hidup.

Oleh karena itu, dalam suasana menjadi ikan yang sudah hidup di dalam sungai namun sungai tersebut membeku, dengan sekuat tenaga mencoba terus berusaha untuk bisa keluar dari sungai tersebut dan mencari tempat hidup baru. Ada kalanya saat sudah jenuh dan tak mampu bergerak menuju tempat yang baru, ikan mencoba untuk menembus rahasia bekunya sungai yang mungkin ada setitik cahaya yakni air yang cair dimana ia bisa berenang dan hidup didalamnya. Tapi apalah daya, Akar tak dapat menembus batu yang padat karena ia tak sekeras baja atau bertahan di pasir yang tertiup angin” karena akarnya tidak bisa mencengkeram dan akan tercerabut.

Sehingga, ikan selayaknya mencari habitat baru untuk melanjutkan hidupnya yang mungkin sangat berarti bagi ikan lain disekitarnya. Dan meskipun akar berusaha untuk menembus batu yang padat, toh ia tahu bahwa ia tak mampu. Tapi bukan berarti ia tak dapat menghancurkannya. Ia bisa, dengan cara menjalar memenuhi batu padat tersebut lalu dengan pelan tapi pasti, dipeluk erat hingga batu tersebut pecah. Pun, dari pada bertahan di pasir yang dapat membunuhnya karena ditiup angin, lebih baik pindah mencari habitat yang baru.

sekian dan terimakasih:mrgreen:
diikutsertakan dalam Pesan Rahasia