Benteng Kalamata (Fort Santa Lucia)

Ini adalah tempat yang paling saya sukai ketika saya masih di Ternate. Tempat saya merenung dan menyendiri, tempat saya berkumpul dengan teman-teman saat berdiksusi, juga tempat paling romantis saat saya dengan si Dia. Tempatnya tidak ramai dan view yang disajikan saat berada di tembok benteng sangat-sangat indah sekali. Berikut saya berikan sekilas tentang sejarah benteng ini.

Benteng Kalamata ini biasanya disebut Benteng Santa Lucia atau lebih lebih dikenal dengan nama Benteng Kayu merah, karena terletak di wilayah kelurahan Kayu Merah, Kota Ternate Selatan. Benteng ini pertama kali di bangun oleh bangsa Portugis (Pigafeta) pada tahun 1540 untuk menghadapi serangan Spanyol dari Rum, Tidore. Benteng ini kemudian dipugar oleh Belanda pada tahun 1609.
Baca entri selengkapnya »

