Apa Guna BW?

by Senjakala Adirata

Awalnya saya kebingungan ketika mendapati kata BW dalam kalimat yang terususun pada postingan para senior blogger. Namun akhirnya saya ngerti juga apa itu BW. BW yakni BlogWalking atau jalan-jalan mampir di blog-blog pada jagad blogsphere. Apa keuntungannya dari traveling ke blog-blog lain ini? Banyak, katanya… Hal ini juga saya praktikkan namun belum berjalan lama.

Pernah saya singgah pada sebuah blog yang headernya terdapat kalimat “ikatlah ilmu dengan menulis” (kurang lebihnya begitu). Dan sialnya saya lupa alamat blog itu (bagi yang merasa punya blog itu, kasih tau yach). Secara literal sih, kita bisa tau arti pada kalimat tersebut yakni karena kita adalah makhluk pelupa, jadi jangan biarkan ilmu yang kita dapat itu lepas, untuk itu harus diikat dengan tulisan.

Lalu apa hubungannya paragraph kedua diatas dengan paragraph pertama? Hubungannya adalah aktivitas travelling menyinggahi blog-blog di jagat blogsphere atau BW adalah aktivitas yang tak hanya singgah tetapi juga membaca. Kenapa? Ingat paragraph yang kedua diatas, ilmu itu biar tidak lepas harus diikat dengan tulisan dan dengan kita membaca saat menjalani aktivitas BW, kita mendapatkan ilmu itu karena sudah terikat dengan tulisan. Ada orang bijak mengatakan ; “sebuah peradaban tidak bisa maju dengan cepat jika masyarakatnya malas membaca”

Yup, membaca adalah salah satu kunci untuk memajukan peradaban secara individu dan ditingkatkan secara kolektif agar kesadaran tidak hanya dimiliki oleh personal melainkan juga masyarakat. Sehingga dengan kesadaran secara kolektif yang sudah terbentuk, maka taraf pemahaman masyarakat akan lebih tinggi dan mampu menyerap ilmu-ilmu baru dengan cepat.

Keuntungan lain selain mendapatkan ilmu adalah, meningkatkan pengunjung (katanya sih). Dasarnya adalah, jika kita melakukan BW lalu membaca kemudian memberikan komentar, pemilik blog yang page-nya di komentari itupun “biasanya” akan memberikan kunjungan balik karena si empunya itu penasaran siapa yang memberi komentar tersebut.