Motivasi, Ambisi dan Kompetisi Sehat

by Senjakala Adirata

Animasi atau kartun memang tak bisa dipungkiri bahwa ia tak hanya sekedar menjadi hiburan belaka. Terbukti banyak yang gandrung hingga kecanduan pada gambar ataupun film animasi. Bahkan banyak orang yang punya motivasi ingin tampil layaknya tokoh animasi yang di puja sehingga animasi tak hanya sekedar menjadi hiburan atau hoby tetapi juga lifestyle.

Meski saya tidak menjadi animeaholic (pecandu animasi), tapi saya juga lumayan suka dengan animasi. Bahkan pada kesempatan kali ini saya mencoba berbagi setelah mendapat pelajaran berharga dari sebuah penggalan cerita animasi Captain Tsubasa yang tayang di Global TV.

Pada tanggal 28 Mei 2010, ketika sepenggal cerita Captain Tsubasa tayang, saya menyaksikan sebuah pertandingan yang luar biasa dari kedua team yang bermain yakni team Nankatsu dengan Tsubasa Ozora sebagai Kapten melawan Toho dengan Kojiro Hyuga sebagai kaptennya. Pertandingan ini awalnya sangat disayangkan oleh Kojiro karena Tsubasa cidera. Ia sungguh sangat berambisi menaklukkan Tsubasa setelah kalah pada turnamen nasional Jepang tingkat SD. Saat itu Hyuga membela Mewa dan Tsubasa membela Nankatsu. Namun, sebagai seorang kapten, Tsubasa sepertinya memiliki tanggung jawab penuh untuk berdiri di tengah lapangan dan ikut bertanding. Selain itu, ia juga tak ingin mengecewakan Hyuga.

Pertandingan berlangsung sangat luarbiasa. Bahkan hingga harus melakukan pertandingan tambahan. Tsubasa sempat tumbang karena cidera bahu kanan dan kaki kanannya. Setelah tumbang dan di periksa oleh dokter team Nankatsu, dokter bilang Tsubasa harus istirahat. Namun apa yang terjadi, Tsubasa tetap melawan karena ia sadar sebagai seorang kapten, ia menjadi salah satu tokoh kunci pemberi spirit bagi teman-temannya, selain itu lawan main juga akan berpikir dan gamang karena sang kapten lawan telah kembali ke lapangan.

Alhasil, skor akhir 4-4 dan menjadi kemenangan bersama. Pada akhir pertandingan, Tsubasa berterima kasih kepada Hyuga bahwa dia belum pernah bertanding dengan lawan sekuat Hyuga sebelumnya. Setelah itu Hyuga juga memuji Tsubasa dan pasca itu Tsubasa kembali tumbang.

Pelajaran yang saya ambil adalah sebuah ambisi yang besar untuk memenangkan pertandingan meski dalam kondisi yang kurang bersahabat. Selain itu, kesadaran penuh sebagai sosok pemimpin bahwa ia bertanggung jawab atas team yang ia bela demi mempertaruhkan harga diri dengan bermain secara sportif. Sikap tidak meremehkan lawan menjadi sesuatu yang perlu menjadi catatan penting yang harus tetap diingat. Lebih dari itu sebagai sosok pemain yang di pimpin oleh kapten yang bertanding mati-matian, tetap sadar bermain dengan semangat membara karena sang kapten yang sedang bersusah payah untuk bertahan dan untuk memenangkan pertandingan meski sedang sakit.

Saya pikir tidak ada salahnya kita gandrung terhadap anime jika kita bisa mengambil pelajaran positiv dari cerita tersebut. Kayaknya juga para pemain Nasional kita perlu ada kalanya menonton anime ini dan mengambil semangat, ambisi serta sportifitas yang dijunjung tinggi serta rasa bertanggung jawab yang luar biasa terhadap team yang di bela.